9 Alasan Mengapa Memilih Investasi Properti?

9 Alasan Mengapa Memilih Investasi Properti?

1. “Bumi Hanya Satu”
Tidak ada Bumi ke-dua sehingga jumlahnya terbatas dan tetap. Sedangkan jumlah penduduk Bumi terus bertambah. Artinya jumlah permintaan tanah akan terus meningkat (permintaan) sedangkan ketersediaan-nya tetap (suplai). Dan sesuai prinsip ekonomi jika permintaan lebih besar dari suplai, maka harga tanah akan menjadi mahal (memiliki potensi kenaikan harga).

2. Dua Pendapatan Sekaligus : Sewa & Peningkatan Harga Properti
Ketika anda memulai berinvestasi properti anda bisa memilih sumber pendapatan anda dari sewa maupun dari peningkatan harga jual kembali.

3. Modal-nya Bisa Dibantu dan Dibayari Pihak Lain
Ketika anda menginginkan properti seharga Rp 1 milyard, anda tidak perlu menyiapkan uang dengan jumlah yang sama. Anda cukup sediakan 30% saja sisanya akan dibiayai oleh pihak ke-3 (Bank). Bahkan dalam kondisi tertentu anda tidak perlu membayar cicilan-nya! Properti itu sendiri yang akan membayar cicilan-nya (dengan uang sewa yang dibayarkan penyewa kepada anda). Kabar baiknya, Saya dan Agen Properti Keller Williams di Palembang bisa membantu Anda menerapkan strategi ini karena saat ini Keller Williams sudah bekerjasama dengan 6 bank besar Nasional.

4. Pemilik Memegang Kendali 100%
Ketika anda berinvestasi saham atau emas, anda tidak dapat mengendalikan pergerakan harga-nya, anda cenderung mengikuti harga yang ditentukan. Berbeda dengan investasi properti, anda memegang kendali hampir 100%. Misal-nya anda bisa menentukan harga jual sedikit diatas harga pasaran lokasi tersebut. Atau ketika anda membeli suatu properti misal-nya rumah dengan harga Rp 500juta lalu melakukan renovasi dan sedikit perubahan dan sambil menunggu waktu berlalu anda akan dapat menjual-nya hingga 30% lebih mahal. Begitu juga ketika anda memiliki Ruko dilokasi bernilai ekonomis tinggi, maka anda lebih ‘berkuasa’ menentukan harga 20-30% diatas harga sewa pasaran karena keistimewaan nilai ekonomis-nya. Sangat disarankan anda memiliki rekan Agen Properti untuk membantu anda memilih properti yang terbaik untuk berinvestasi di kotan anda.

5. Resiko Lebih Rendah
Tidak seperti investasi saham dan jual beli mata uang asing yang dalam satu hari bisa turun dan naik cukup signifikan, ber-investasi properti cenderung lebih stabil. Bahkan pendapatan bisa lebih tinggi dari keuntungan invstasi lain melalui pendapatan dari sewa.

6. Tahan Terhadap Inflasi
Inflasi artinya penurunan nilai mata uang, yang mana jika anda menyimpan uang anda di Bank dengan jumlah Rp 500juta maka tahun berikut-nya nilai-nya tidak lagi Rp 500juta. Sedang harga properti setiap tahun akan meningkat dan pendapatan dari sewa pun meningkat (biasanya 3%-5% dari harga properti).

7. Tidak Menyita Waktu Banyak (gunakan Agen Properti)
Waktu yang banyak anda habiskan paling banyak 3 hari seumur hidup, yaitu hari saat anda membeli properti, hari disaat anda menandatangani kontrak sewa dan hari dimana anda menjualkan-nya kembali.

8. Untung saat Membeli
Ini ke-istimewaan investasi properti. Jika anda melalui agen properti anda dapat menemukan harga properti dengan harga dibawah pasaran, maka anda akan untung saat anda membeli properti tersebut. Misal anda membeli Tanah Kavling dalam Komplek Perumahan PHDM Indah Patal-PUSRI Palembangyang harga pasaran-nya Rp2,9juta – 3,5juta per meter namun anda menemukan pemilik yang butuh uang dan menjual dengan harga Rp 2.6juta per meter maka anda sudah untung 25% dari hari pertama anda membeli-nya.

9. Orang Kaya Duni Berinvestasi di Properti
Orang kaya juga berinvestasi di sektor properti, selain berbisnis di bidang usahanya. Bahkan mereka yang dikenal sebagai pengusaha di bidang non-properti ternyata bidang usaha sesungguhnya adalah investasi properti. Salah satu contohnya adalah Ray Kroc, pemilik McDonald. Jaringan franchise asal Amerika ini memang menjajakan makanan cepat saji. Namun, di balik itu, ternyata perusahaan itu justru berinvestasi di properti. Dalam bukunya, Ray Kroc menyebutkan bahwa perusahaannya bukanlah penjual hamburger, melainkan perusahaan investasi real estate. Perusahaannya tidak hanya mendapatkan uang dari franchise fee dan royalti, melainkan juga dari menyewakan aset properti kepada para franchisee-nya. Dari ribuan outlet McDonald, sebagian adalah aset milik perusahaan franchise itu sendiri, dan dari sejumlah outlet itu uang sewa mengalir ke kas setiap bulan. Belum lagi capital gain atau kenaikan nilai propertinya. Kami percaya sebagian besar propertinya didapatkan melalui bantuan agen properti.

Demikian minimal ada 9 Alasan mengapa memilih investasi properti yang kami sarikan dari berbagai sumber luar dan dalam negeri. Jika anda memiliki ide dan masukan bisa tuliskan di kolom komentar yang akan membantu melengkapi alasan ke-10 dan seterusnya.

Sumber : Keller Williams All Property Palembang

Leave a Reply

Close Menu